Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis Konten Evergreen Ternyata Dapat Meningkatkan Traffic Website

menulis konten evergreen

Apa sih yang di maksud dengan konten evergreen itu? Konten evergreen adalah artikel yang tidak akan basi dibaca kapan pun dan tidak akan lekang oleh waktu.

Salah satu cara meraih kesuksesan membangun sebuah blog atau website adalah dengan menulis artikel secara teratur seperti konten evergreen.

Karena banyak sekali orang yang mencari jenis artikel seperti ini sehingga sangat membantu mendatangkan pengunjung yang organic dari mesin pencari seperti google,bing dsb.

Perlu dipahami bahwa untuk mendatangkankan traffic agar orang mengunjungi website memang tidak semudah membalik telapak tangan.

Dibutuhkan kerja keras dan kiat-kiat khusus supaya website dapat bersaing dan dapat tampil dihalaman pertama mesin pencarian google. 

Sebenarnya apa sih artikel evergreen itu? Lalu mengapa jenis artikel seperti ini mampu meningkatkan pengunjung pada sebuah blog atau website?

Dari pada bingung dan tidak tahu jawabannya, berikut ini admin akan menjelaskannya secara detail untuk kalian semua.

Apa Itu Konten Evergreen?

Seperti ulasan diatas, konten evergreen adalah artikel yang tidak akan basi dibaca kapan pun dan tidak akan lekang oleh waktu atau artikel yang tidak akan ketinggalan zaman.

Dapat juga dikatakan jika artikel evergreen merupakan kebalikan dari sebuah artikel yang sedang tren atau viral saat ini atau konten berita dan sejenisnya.

Perlu diketahui jika tidak semua artikel yang kita tulis dan posting diwebsite selalu dicari dan di baca oleh pengunjung.

Barangkali beberapa tulisan artikel kita mudah dilupakan karena memang tidak dibutuhkan.

Ketika anda mengupload sebuah artikel tentang kejadian yang trending misalnya berita perceraian para artis yang sedang viral, bisa saja mendatangkan banyak traffic ke website kita.

Tetapi, traffic seperti itu umumnya tidak dapat bertahan lama dan biasanya hanya beberapa hari saja. 

Setelah itu, artikel seperti itu akhirnya ditinggalkan karena sudah tidak menarik lagi.

Artikel seperti itu sangat berbeda bila di bandingkan dengan artikel evergreen.

Kelebihannya adalah, konten evergreen merupakan jenis konten yang selalu relevan dan dicari oleh banyak orang dalam jangka waktu yang lama.

1. Perbedaan Evergreen Topics dan Evergreen Content

Sebelum mengulas perbedaan mengenai konten evergreen, alangkah lebih baiknya untuk memahami terlebih dahulu perbedaannya dengan evergreen topics berikut ini.

Evergreen topics adalah jenis-jenis topik dengan minat dan jumlah volume pencarian yang konsisten dari waktu ke waktu.

Di Bawah Ini Beberapa Contoh Dari Evergreen Topics, Antara Lain:

a. Cara Memperbaiki Komputer Error

Topik yang satu ini sampai kapanpun dapat dikatakan tidak ada matinya.

Karena setiap orang yang memiliki komputer pasti akan mencari topik ini di internet ketika komputer yang mereka miliki sedang error atau mengalami gangguan sebelum membawanya ke tukang servis komputer.

Cara memperbaiki komputer juga akan selalu dicari pembaca sepanjang tahun, sehingga volume pencarian selalu tinggi sepanjang waktu

b. Cara Membuat Soto Ayam

Soto ayam merupakan salah satu makanan khas nusantara yang terkenal di Indonesia. Hal itu membuat resep soto ayam selalu dicari sepanjang tahun.

Apalagi pada saat-saat penting seperti menjelang hari raya mungkin pencarian resep soto ayam akan meningkat pesat.

c. Makanan Diet Sehat

Semua orang pastinya ingin memiliki tubuh yang selalu bugar dan sehat. Cara menjaga agar tubuh tetap sehat hingga membuat jenis makanan yang sehat tentu akan selalu menarik pembaca.

Tentu saja topik yang satu ini supaya setiap orang ingin selalu mengonsumsi makanan yang sehat  guna menjaga kesehatan tubuhnya. 

tips menulis artikel

2. Konten Evergreen

Di sisi lain, konten evergreen adalah konten yang berfokus pada topik evergreen yang selalu dicari oleh pembaca.

Dari Contoh Topik Diatas, Dapat Dibuat Artikel Evergreen Menjadi Seperti Ini: 

a. 10 Cara Mudah Memperbaiki Komputer Error Yang Harus Kamu Coba

Jenis konten yang satu ini tentu akan menarik pembaca dan selalu dicari sepanjang tahun. Memperbaiki komputer error pun caranya tidak akan berubah banyak.

Meskipun kamu menulisnya di tahun 2019, pasti cara memperbaiki komputer error tidak akan banyak perubahan hingga 3 atau 9 tahun ke depan. 

b. 5 Cara Membuat Soto Ayam Yang Enak

Membuat soto ayam yang enak tentunya yang memiliki kuah yang nikmat dan daging ayam yang empuk dan punya rasa yang gurih.

Bagi seseorang yang baru pertama kali belajar membuat soto ayam, tentu saja artikel seperti ini akan selalu dicari.

c. 10 Jenis Makanan Diet Sehat Yang Boleh Dikonsumsi Setiap Hari

Seperti yang diuraikan di atas, banyak orang yang ingin memiliki tubuh yang sehat. Itulah mengapa jenis konten seperti ini selalu banyak di kunjungi.

Menerapkan pola makan diet sehat ketika memilih makanan yang sehat menjadi pilihan supaya memiliki tubuh yang sehat.

Itulah sebabnya membuat jenis artikel seperti ini akan selalu dicari sepanjang waktu.

Dari penjelasan di atas bisa dilihat bahwa konten evergreen memiliki beberapa format seperti artikel berbentuk listicle, menjelaskan tips-tips, hingga membuat artikel how-to.

Jadi, beberapa konten seperti artikel berita, statistik atau laporan, hingga artikel pop culture yang sedang tren bukan merupakan jenis konten evergreen.

menulis Blog

Cara Membuat Konten Evergreen

1. Memilih Keyword

Memilih keyword yang tepat sangat perlu dilakukan dalam membuat konten evergreen.

Jika ingin membuat konten evergreen yang baik, sebaiknya gunakan jenis kata kunci longtail.

Saat menentukan keyword, sebaiknya cari yang memiliki search volume yang besar karena pasti lebih banyak dicari oleh pembaca. 

2. Optimasi SEO

Selain memilih keyword yang paling tepat, ada langkah lain yang perlu diperhatikan dalam membuat konten evergreen yaitu optimasi Seo on page maupun off page.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan SEO adalah dengan meletakkan keyword pada judul, URL, serta dipasang di setiap bagian artikel.

Kemudian, kamu jangan melupakan memberikan alt text pada gambar dan memasukkan hyperlink dari artikel lainnya.

3. Buat Artikel Yang Dibutuhkan oleh Audience

Pemilihan topik artikel juga tidak bisa sembarangan dan harus dipikirkan matang-matang. Cobalah cari tahu hal-hal apa saja yang ingin diketahui dan diperlukan oleh pembaca.

Walaupun kamu memiliki pengetahuan yang luas mengenai bidang matematika, apabila pembaca tidak terlalu menginginkan tips itu maka jangan ditulis dulu.

Kamu pasti tidak mau artikel yang sudah kamu tulis dengan susah payah tidak ada yang membaca dan ujungnya sia-sia saja, kan?

Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu dulu apa saja topik yang ingin diketahui dan diperlukan oleh pembaca.

4. Hindari Penggunaan Bahasa Yang Tidak Perlu

Tulisan yang dipublikasikan di website atau blog tentu akan berbeda style-nya dengan tulisan ilmiah. Jadi, kamu sebaiknya tidak menggunakan bahasa yang sulit dipahami.

Selalu kenali siapa target audiensmu. Jika memang website-mu menargetkan orang-orang yang sudah profesional di bidangnya, bisa saja menggunakan bahasa yang teknis.

Tetapi, jika pengunjung-mu adalah orang-orang awam yang hanya ingin tahu suatu informasi, sebaiknya hindarilah penggunaan bahasa yang sulit dimengerti.

Konten evergreen adalah jenis konten yang bisa membantu mendatangkan traffic pada website-mu sepanjang waktu karena isi kontennya yang selalu “fresh”.

Oleh karena itu, konten evergreen sangatlah penting untuk dijadikan sebagai salah satu bagian dari strategi untuk meningkatkan traffic suatu website atau blog.

Apabila anda membutuhkan artikel ini untuk di tempatkan di blog atau website yang lain, silahkan menyalin atau mengcopy namun jangan lupa untuk menyertakan sumbernya.

Namun jika anda memerlukan artikel di website ini untuk keperluan sendiri silahkan di cetak atau di unduh secara langsung.  

Sebagai penutup jika ada saran dan kritik atau ingin menambahkan dapat di tuliskan pada kolom komentar, sampaikan dengan bahasa yang sopan dan santun supaya blog sederhana ini lebih maju dan berkembang.

Semoga artikel sederhana ini dapat membantu dan berguna, anda juga dapat menshare tulisan ini ke media sosial agar banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Terima kasih telah meluangkan waktu dan membaca artikel sederhana ini semoga dapat memotivasi dan menginspirasi serta berguna bagi anda semua. 

Posting Komentar untuk "Menulis Konten Evergreen Ternyata Dapat Meningkatkan Traffic Website"