Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Ampuh Mengusir Semut Dengan Bahan Alami

cara mengusir semut

Hewan yang satu ini keberadaannya sangat tidak diinginkan oleh pemilik rumah.

Walaupun tidak berbahaya tetapi kehadirannya sangat mengganggu dan membuat rumah tampak tidak nyaman untuk ditinggali. 

Sekalipun hewan ini kecil tetapi keberadaannya sangat membuat risih sang pemilik rumah, betul sekali binatang ini bernama semut.

Semut adalah jenis binatang yang mempunyai populasi yang sangat banyak dimuka bumi ini, itulah sebabnya setiap rumah pasti ada sarang semutnya. 

Biasanya semut mencari makan dengan cara memakan remahan makanan atau minuman yang tercecer dilantai maupun di meja.  

Hewan yang suka berbaris rapi saat berjalan ini sangat senang dengan remahan makanan atau apapun yang rasanya manis, tidak heran banyak orang yang ingin menghilangkan pasukan semut ini dari dalam rumahnya.

Tetapi walaupun beragam cara telah dilakukan nyatanya semut ini seolah-olah tidak mau keluar dari dalam rumah.

Faktanya setelah pemilik rumah membersihkan sarang semut di sudut dapur maka akan muncul lagi pasukan semut disudut yang lain.

Seolah-olah semut tidak dapat dihilangkan dari dalam rumah, begitu terus selanjutnya yang terjadi sampai sang tuan rumah merasa frustasi dengan keberadaan semut ini.

Sebetulnya bisa saja menggunakan bahan kimia seperti pestisida ataupun obat serangga, tetapi bahan ini sangat berbahaya bagi anggota keluarga yang lain apabila penggunaanya tidak hati-hati.

Pada postingan kali ini kami akan mengulas bagaimana caranya mengusir semut dari dalam rumah dengan menggunakan bahan alami.

Lalu untuk menghilangkan semut dari dalam rumah dengan bahan alami caranya bagaimana, caranya ternyata tidak sulit dan sangat mudah.

Anda dirumah dapat mengusir semut dengan menggunakan bahan-bahan dibawah ini.

cara ampuh mengusir semut

1. Memakai Merica

Bumbu dapur yang memiliki rasa dan aroma pedas ini ternyata dapat digunakan untuk mengusir semut loh bunda di rumah.

Aroma pedas dari merica sangat tidak disukai semut sehingga bumbu dapur yang satu ini dapat di jadikan sebagai senjata yang ampuh untuk mengusir semut dari dalam rumah.

Selain itu harganya juga sangat murah dan sangat mudah ditemukan di pasar tradisional.

Caranya adalah dengan menaburkan merica atau pepper powder yang sering dilalui semut maupun disudut rumah anda.

2. Dengan Cuka

Bahan dapur yang berbentuk cair dan identik dengan rasa asam ini juga efektif untuk mengusir semut dari dalam rumah maupun dapur, selain berguna untuk membuat acar, cuka juga dapat membuat semut malas datang kerumah tersebut.

Caranya yaitu bisa dengan memakai cuka murni maupun dicampur air dengan perbadingan 1:1 kemudian gunakan campuran cuka untuk mengepel seluruh ruangan dirumah anda.

Selain itu campuran tersebut dapat juga digunakan untuk mengelap meja dapur maupun meja makan, 

Dengan cara ini niscaya semut akan hilang dari rumah anda.

3. Air Mendidih

Kalau cara yang berikut ini sangat ekstrem, murah, tapi efektik untuk membasmi koloni semut yaitu cari lubang semut lalu rebus air sampai mendidih kemudian tuangkan air tersebut kedalam lubang semut tersebut.

Dengan langkah ini maka koloni semut yang berada di dalam lubang tersebut akan mati seketika. 

Niscaya memakai metode ini rumah anda akan terbebas dari semut.

4. Minyak Peppermint Cair

Peppermint merupakan bahan alami untuk mengusir semut, nyamuk maupun serangga.

Caranya adalah campurkan beberapa tetes cairan peppermint kedalam botol yang berisi air, lalu semprotkan cairan tersebut ke sudut-sudut yang sering dilalui semut, kemudian biarkan cairan tersebut sampai mengering.

5. Dengan Bubuk Kopi

Selanjutnya mengusir semut dengan menggunakan bubuk kopi, semut sangat tidak menyukai aroma menyengat dari kopi.

Caranya sangat sederhana sekali yaitu taburkan bubuk kopi di sekitar area yang sering dilalui semut seperti  dibawah kaki meja atau lokasi lainnya.

Dengan cara ini semut tidak akan betah di area tersebut, dan rumah anda akan terbebas dari semut. 

Berhubung aroma kopi dapat hilang seiring berjalannya waktu maka anda harus menggantinya dengan teratur, supaya semut tidak datang lagi.

6. Memakai Kapur Anti Serangga

Cara paling sederhana lainnya adalah dengan menggunakan kapur anti serangga yang banyak dijual dipasaran, kapur ini aromanya sangat tidak disukai oleh semut karena terbuat dari campuran kalsium karbonat.

Cara memakainya sangat mudah, anda tinggal membuat garis melingkar di sekitar lubang semut maupun area yang sering dilalui oleh koloni semut, seperti dibawah kaki meja, kursi maupun area lainnya.

Cara ini sangat simple, setelah digunakan anda dapat menyimpan kapur tersebut untuk digunakan di lain waktu, simpanlah kapur tesebut ditempat yang aman agar terhidar dari jangakauan anak-anak.

Itulah cara mengusir semut dari dalam rumah dengan menggunakan cara yang aman.

Setelah rumah terbebas dari semut ada satu langkah lagi yang harus anda lakukan yaitu mencegah agar semut tidak masuk lagi kedalam rumah.

Semut biasanya mencari tempat yang lembab untuk membuat sarang yang baru, paling sering berada disekitar dapur karena banyaknya sumber makanan di area tersebut.

Lalu caranya bagaimana, supaya semut tidak datang lagi kerumah. Berikut ini ulasannya.

  • Sesegera mungkin untuk membersihkan sisa makanan maupun remahan yang terjatuh dibawah meja atau tempat lainnya, karena hal ini berpotensi mengundang semut untuk datang kerumah.
  • Hindari menyimpan makanan diruang terbuka, serta simpanlah semua makanan dalam tempat kedap udara lalu simpan didalam kulkas.
  • Bersihkan tempat sampah yang ada diluar dan dalam rumah secara teratur, karena berpotensi menjadi sarang semut.
  • Jika anda mempunyai hewan peliharaan bersihkan tempat makannya secara teratur dan hindari remahan sisa pakan di area tersebut.

Itulah cara mengusir semut dari dalam rumah serta cara pencegahan supaya semut tidak datang kembali.

Silahkan di praktekkan cara diatas supaya hunian anda terasa nyaman, bersih, dan terbebas dari pasukan semut yang sangat menjengkelkan.

Sebagai penutup jika artikel ini berguna anda dapat menyebarkannya supaya banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya..         

Posting Komentar untuk "6 Cara Ampuh Mengusir Semut Dengan Bahan Alami"