Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari Kebiasaan Ini Supaya Kamu Tidak Cepat Tua


Banyak orang yang selalu ingin tampak kelihatan sehat dan selalu awet muda.

Terlihat awet muda memang menjadi dambaan, selain menjadi lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan teman dan sahabat juga dapat membuat kesan tersendiri dalam penilaian orang lain. 

Itulah sebabnya banyak orang yang berlomba-lomba agar selalu kelihatan awet muda.

Seperti memakai kosmetik anti penuaan dini sampai mengkonsumsi suplemen yang berharga mahal supaya tidak kelihatan tua.

Memang cara-cara diatas sangatlah normal dan wajar sepanjang finansial mendukung dan tidak merugikan orang lain.

Tetapi yang perlu dipahami adalah penuaaan tidak dapat dihindari, namun hanya dapat dicegah supaya penuaan tidak cepat terjadi.

Salah satu tanda penuaan dini adalah munculnya keriput dan garis halus yang membuat wajah tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Tetapi banyak orang yang kurang menyadari, ternyata beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan dan terlihat sepele ini dapat mempercepat proses penuaan.

Lalu kebiasaan tersebut apa saja sih? Nah pada postingan kali ini kami akan mengulasnya secara mendalam untuk anda pembaca setia dari website AnharMedia.my.id.

Semoga artikel kali ini dapat menambah ilmu dan membawa kemanfaatan untuk anda semua. 

Berikut Kebiasaan Yang Sebaiknya Kamu Hindari Supaya Tidak Cepat Tua

1. Kebiasaan Merokok

Foto: Pixabay.com

Kebiasaan yang satu ini tidak hanya membuat kamu terlihat cepat tua, namun juga beresiko membuat tubuh rawan terserang penyakit berbahaya, seperti paru-paru, jantung, dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu kebiasaan merokok juga dapat mempengaruhi penampilan, seperti mulut menjadi bau dan mengganggu orang lain karena asap rokok.

Hal ini juga diperkuat oleh ahli kesehatan Dr.Steiger yang di kutip dari The Healthy bahwasannya kandungan pada tembakau mengandung lebih dari 3000 komponen zat kimia yang dapat merusak lapisan dan elastisitas kulit.

Bagi kamu yang aktif merokok dapat membuat kerutan dan garis-garis halus disekitar wajah sehingga membuat wajahmu terlihat lebih tua dari usiamu, supaya kamu tidak terlihat cepat tua, sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan yang tidak sehat ini.

2. Kurang Tidur

Foto: Pixabay.com

Tidur merupakan salah satu istirahat paling baik untuk mengembalikan sel-sel dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan optimal, selain itu tidur juga dapat menjaga stabilitas tubuh tetap prima dan terjaga.

Demikian juga sebaliknya jika kamu kurang tidur maka berbagai gangguan dalam tubuh akan terasa seperti badan lemas, gampang lelah, letih, lemah, lesu, dan yang paling ekstrim adalah dapat membuat kamu terlihat lebih tua dari usia kamu sebenarnya.

Penyebab kurang tidur bermacam-macam seperti begadang, kerja terlalu larut malam, bahkan pikiran stres juga membuat tidur menjadi tidak berkualitas.

Sebaiknya jaga kualitas tidurmu selama 7-8 jam sehari agar kamu tidak mendapatkan gangguan kesehatan pada tubuhmu, jadi mulai saat ini perhatikan kualitas tidurmu supaya kamu tidak terlihat cepat tua.

3. Menyimpan Dendam Dan Amarah

Foto: Pixabay.com

Sebagai manusia biasa, pernah emosi dan marah akibat ucapan maupun tindakan sahabat maupun rekan kerja yang menyinggung perasaan pada masa lalu merupakan hal yang lumrah.

Namun menjadi tidak wajar jika rasa marah masih tersimpan dalam hati sampai saat ini dan berubah menjadi dendam kepada orang yang pernah menyakitimu.

Cara seperti ini selain menyiksa diri sendiri, juga dapat membuat perasaan menjadi tidak nyaman dan jauh dari ketenangan hidup.
 
Bukankah hidup yang tenang dan damai menjadi impian banyak orang, dan salah satunya orang itu adalah kamu.

Hal negatif lainnya jika rasa dendam dan amarah masih tersimpan dalam hati secara tidak langsung akan berpengaruh dalam hidupmu seperti mudah emosi, tempramental, wajah kelihatan cepat tua dan satu lagi orang akan enggan bergaul dengan kamu.

Mulai saat ini buang jauh - jauh rasa dendam dan amarah dan ubahlah dirimu menjadi pribadi yang mempesona dan mudah memaafkan kesalahan orang lain, niscaya hidupmu akan lebih tentram dan damai serta sejahtera.

4. Kurang Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Foto: Pixabay.com

Mengkonsumsi buah dan sayuran memang sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan, karena disitulah banyak manfaat yang tersimpan jika kamu rajin mengkonsumsinya, salah satunya adalah dapat mencegah penuaan dini.

Selain mengandung banyak serat dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh.

Manfaat lainnya mengkonsumsi buah dan sayuran adalah dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak serta dapat mencegah naiknya berat badan secara berlebih.

Banyak sekali ragam buah dan sayuran yang dijual di pasaran, kamu dapat memilih buah dan sayuran yang kamu sukai.

Mulai saat ini jangan ragu makan buah dan sayuran supaya kulitmu tetap bercahaya dan tampak awet muda.

5. Duduk Dalam Waktu Yang Lama

Foto: Pixabay.com
Banyak orang yang mengisi waktu sehari-harinya dengan duduk dalam waktu yang lama, bagi pekerja kantoran duduk di depan komputer selama berjam - jam merupakan rutinitas kerja yang tidak dapat dihindari.

Setelah pulang kerjapun masih duduk didepan televisi sambil nyantai dirumah, memang sekilas tidak ada yang salah dengan rutinitas tersebut.

Tetapi tahukah kamu jika kebiasaan duduk terlalu lama ternyata dapat membuat kamu terlihat cepat tua, hal ini disebabkan oleh sel-sel akan cepat menua pada orang yang mempunyai gaya hidup yang jarang bergerak" kata Aladdin Shadyab,PhD seperti yang dikutip dari Science Daily.

Bahkan pemerintah pun melalui kementrian kesehatan menyarankan agar masyarakat selalu melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari agar tetap memperoleh hidup dan tubuh yang sehat.

Jadi mulai saat ini sebisa mungkin untuk melakukan aktifitas fisik secara rutin supaya tidak cepat tua dan tetap tampak awet muda.       

6. Stres Dan Depresi

Foto:Pixabay.com

Hal negatif lainnya yang dapat membuatmu cepat tua adalah tekanan mental seperti stres dan depresi. 

Bagaimanapun dimasa serba sulit seperti sekarang ini banyak orang yang mengalami stres karena rasa cemas, beban pekerjaan, maupun karena urusan lainnya.

Rasa stres dan depresi yang berlarut-larut dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental.
 
Memang semakin hari banyak sekali problematika dalam hidup yang harus selalu dihadapi sehingga jika pikiran terlalu lelah maka stres tidak dapat dihindari.

Untuk mengatasi semua itu sebaiknya kamu bersikap sewajarnya saja dalam menghadapi kehidupan ini, artinya bukan tidak serius, melainkan selalu menata hati dalam menghadapi persoalan hidup.

Dengan cara ini sehingga kamu dapat meminimalkan rasa stres yang tidak perlu.

Untuk kamu yang menginginkan hidup awet muda dan tetap sehat jaga pikiranmu dari stres dan depresi.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat membuat kamu cepat tua, semoga tulisan ini dapat membuat hidup kamu menjadi bermakna dan mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian.

Sebagai penutup apabila artikel ini bermanfaat, kamu dapat menyebarkannya melalui media sosial supaya banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Terima kasih dan sampai jumpa pada postingan menarik selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Hindari Kebiasaan Ini Supaya Kamu Tidak Cepat Tua"